Kamis, 07 Juni 2012

Mahasiswa Tingkat Akhir Hadapi Ujian Sertifikasi Al Quran


alt
Jombang – Unipdu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencetak mahasiswa yangallamah baik dalam bidang umum maupun agama. Salah satu program untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah dengan ujian sertifikasi Al-Quran untuk semua mahasiswa semester akhir, Sabtu (03/06) di Islamic Center PP. Darul Ulum Peterongan Jombang.

Dalam ujian ini semua mahasiswa diwajibkan untuk dapat hafal surat-surat pendek, surat-surat pilihan seperti Ar Rahman, Al Waqiah, Al Mulk, surat Yasin (hafalan wajib) serta praktek ibadah. Selain itu, doa sehari-hari, tahlil dan istighosah juga menjadi persyaratan hafalan.
Salah satu kriteria ketuntasan dari ujian ini yaitu lancarnya hafalan. “Syaratnya harus lancar kalau mau tuntas,” demikian ungkap Haris Hidayatullah SH.I, salah seorang penguji yang juga merupakan dosen FAI (Fakultas Agama Islam) Unipdu.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, penguji hafalan adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya. “Para penguji adalah para pengasuh pondok dan orang-orang yang memiliki keahlian di bidangnya,” tutur Mujianto Sholichin, M.PdI., yang juga penguji dan dosen FAI Unipdu.
alt
Setiap penguji diberi tanggung awab untuk menguji maksimal 15 mahasiswa dari berbagai fakultas. Mujianto menjelaskan pembagian kelompok tersebut sesuai ketuntasan rehal yang telah dilakukan di semester sebelumnya. (Reporter Kampus, Qurratul Aini, FBS, IV)
Sumber : www.unipdu.ac.id
Link Berita : Berita dari Unipdu Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar