Rabu, 11 Juli 2012

Rektor Unipdu Pimpin Pemberangkatan Peserta KPM XI


alt
Jombang - Tepat pukul 07.30 WIB pemberangkatan peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ke XI Unipdu  diselenggarakan, bertempat di Plaza Unipdu acara ini dipimpin langsung oleh Rektor Unipdu Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA.
KPM merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan Unipdu sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada masyarakat), melalui pelaksanaan KPM ini mahasiswa Unipdu ketika telah lulus benar-benar dapat mengabdi dan bermanfaat untuk masyarakat.
KPM ke XI yang dilaksanakan ini akan bertempat di 10 desa di kecamatan Mojoagung Jombang, “Tahun ini pelaksanaan KPM diikuti oleh seluruh Fakultas di Unipdu dan lebih dari 300 peserta, mereka akan bertempat di 10 desa di Kecamatan Mojoagung Jombang. Dan mereka akan melaksanakan tugas Tri Dharma perguruan tinggi di sana selama 15 hari dari mulai hari ini 11 Juli 2012 sampai dengan 25 Juli 2012”, kata Ali Nawawi, SE, salah satu panitia KPM ke XI Unipdu.
Sebelumnya peserta KPM ke XI ini sudah mengikuti kegiatan pembekalan kegiatan KPM selama 2 hari, yaitu tanggal 8 – 9 Juli 2012, mereka dibekali tentang kemasyarakatan, sumber daya alam, dan tentunya entrepreneurship. Sebagian dari pengisi acara pembekalan KPM adalah Tim Detaser dari dikti.
Dalam acara pemberangkatan ini Rektor Unipdu memberikan pesan moral kepada para peserta KPM, salah satu pesan intinya adalah, “Adaptasi kepada masyarakat setempat adalah item pokok nomer satu yang harus dipegang oleh peserta KPM”, pesan dari rektor Unipdu.
Lanjut dari rektor Unipdu, “KPM ini adalah nama program pengabdian masyarakat satu-satunya di dunia ini, dan hanya dimiliki oleh Unipdu. Sebagaimana istilah yang sering digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, mereka menamakan KKN (Kuliah Kerja Nyata), yang kebanyakan istilah tersebut sering dikonotasikan ke istilah korupsi kolusi dan nepotisme, maka Unipdu ingin berbeda dalam membuat istilah tersebut dan mengganti menjadi KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) ”, yang kemudian disambut meriah oleh peserta KPM.
Ada hal yang menarik dalam acara pemberangkatan KPM ini, yaitu do’a bagi kelancaran kegiatan KPM ini, ketika Rektor Unipdu dalam sela-sela sambutannya menanyakan kepada panitia, “Siapa yang akan memimpin do’a ?“, dengan tegas dan tepat salah satu peserta KPM mengacungkan tangan untuk memberanikan diri memimpin do’a. Dengan bangga Rektor Unipdu mempersilahkan peserta tersebut untuk mempimpin do’a.
Sebelum do’a dibacakan, kebanggaan muncul dari wajah rektor Unipdu, “Saya sangat bangga dengan peserta KPM ini, sebelum sampai di tempat pengabdian, peserta ini sudah bisa memimpin yang nantinya di aplikasikan di masyarakat, saya sangat bangga”, ucap rektor Unipdu tersebut. Kemudian do’a tersebut diikuti oleh seluruh peserta dan panitia dengan hikmat.
Peserta KPM ke XI Unipdu akan langsung menuju pendopo kecamatan Mojoagung dan akan disambut oleh jajaran muspika kecamatan, mereka didampingi oleh seluruh panitia KPM dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan DR. KH. Isrofil Amar, M.Ag, yang juga sebagai ketua PCNU Kabupaten Jombang. (Unipdu)
alt
Sambutan Rektor Unipdu (Prof. DR. H. Ahmad Zahro, MA) dalam acara pemberangkatan peserta KPM XI
alt
Peserta KPM XI dengan khidmat mendengarkan arahan dari rektor Unipdu
alt
Kebanggaan rektor saat menyambut Peserta KPM XI untuk memimpin do'a
alt
Salah satu Peserta KPM XI memimpin do'a untuk kesuksesan Pelaksanaan KPM XI tahun 2012
alt
Rektor dan Panitia KPM XI unipdu dengan khidmat mengikuti do'a
alt
Peserta yang juga dengan khidmat mengikuti do'a

Sumber : www.unipdu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar