Rabu, 20 Juni 2012

Unipdu Adakan English Proficiency Test ( EPT )


alt
Jombang–Setelah mengadakan ujian sertifikasi Al-Qur’an, Unipdu kembali mengadakan ujian sertifikasi bagi semua mahasiswa tingkat akhir dalam rangka menjamin kualitas setiap lulusan Unipdu yang allamah di berbagai bidang. Kali ini Unipdu, melalui Pusat Studi Bahasa (PSB), mengadakan English Proficiency Test (EPT), sebuah ujian sertifikasi berbasis Bahasa Inggris dengan orientasi Paper Based TOEFL. Senin ( 18/6 ).

Sertifikasi EPT ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan bekal plus ketika mereka sudah lulus dari Unipdu. “EPT tidak hanya ditujukan untuk menjamin kemampuan bahasa Inggris mereka, tetapi juga membekali mereka dengan model-model tes bahasa Inggris berstandard internasional t erutama TOEFL,” demikian kata Achmad Fanani, salah satu koordinator ujian EPT. “Selain itu dengan mengantongi sertifikat EPT, para lulusan Unipdu akan lebih siap bersaing dalam bursa tenaga kerja kerena mereka tidak hanya berbekal ijazah S-1 atau D-3 saja,” lanjut laki-laki yang juga kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris ini.
Ujian yang diadakan di Auditorium Unipdu ini diikuti oleh 453 mahasiswa. Setiap mahasiswa diuji 3 kompetensi dasar dalam bahasa Inggris: Listening (mendengarkan), Structure (Grammar)dan Reading (Bacaan). Untuk dapat lulus mereka harus mendapatkan skor EPT minimal 450 untuk mahasiswa non prodi Bahasa Inggris, dan 500 untuk mahasiswa prodi Bahasa Inggris.
Bagi yang tidak mampu mendapatkan skor yang disyaratkan, mahasiswa harus mengulang di ujian berikutnya. “Mahasiswa yang belum mencapai nilai yang ditentukan, maka (mereka) harus mengikuti remidi. Jika remidi yang pertama belum juga lulus, maka harus mengikuti remidi yang kedua dan seterusnya sampai lulus.” ujar Aswim, salah satu panitia ujian English Proficiency Test ( EPT ).
alt
Seluruh Mahasiswa Unipdu Tingkat Akhir Mengikuti English Proficiency Test (EPT) (Pct. WI)
Sebelum mengikuti English Proficiency Test (EPT), para mahasiswa harus mengikuti training terlebih dahulu. Training yang diadakan selama 5 hari ini memberi pembekalan terhadap para mahasiswa tentang EPT baik tentang model-model soal maupun strategi menjawabnya. (Wahyuni Istighfaroh, semester 4, FBS)

Sumber : www.unipdu.ac.id
Link Berita : Berita dari Unipdu Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar